Rabu, 22 Agustus 2012

Pengertian Tsaqofah Islamiyah




Pengertian Tsaqofah
Tsaqafah menurut arti bahasa di dalam kamus Al-Muhith, ia berasal dari kata tsaqufa yang berarti pandai dan cepat di dalam memahami sesuatu atau mahir.  Menurut arti istilah, terdapat perbedaan ungkapan di dalam memberi definisi tsaqafah, namun yang mendekati kebenaran, sebagai berikut:
a.     Pengetahuan yang didapat dengan jalan belajar (talaqqi) atau temu muka dengan guru dan penyebarannya secara istinbath.
b.     Tsaqofah merupakan konsep pemikiran dan pandangan hidup atau suatu ideologi tentang alam semesta,  manusia dan kehidupan.
c.      Tsaqofah merupakan konsep pemikiran dan pandangan hidup tertentu yang telah membentuk pola pikir dan perilaku suatu masyarakat.
Masing-masing masyarakat atau bangsa memiliki tsaqafah (pandangan hidup) atau way of live yang  berbeda-beda sesuai perbedaan ideologi dan pemikiran yang mereka yakini.

Pengertian dan Karakter Tsaqafah Islamiyah
Secara ringkas, tsaqofah Islamiyah adalah pengetahuan yang aqidah Islamiyah menjadi sebab pembahasan, pengajaran dan penyebarannya. Dengan memahami tsaqafah islamiyah berarti seluruh konsep pemikiran dan pandangan hidup berdasarkan ajaran/aqidah Islam tentang alam semesta, manusia dan kehidupan. Jadi, seorang muslim di dalam memandang fenomena dan realita kehidupan harus berlandaskan Aqidah Islam.

Perbedaan Ilmu  Pengetahuan dan Tsaqofah
Definisi ilmu yaitu pengetahuan yang didapat dengan cara meneliti, percobaan dan pembuktian serta penarikan kesimpulan. Tsaqafah berkaitan erat dengan aqidah, pembentukan gaya hidup, pola pikir, perilaku dan kepri-badian seorang muslim. Sedangkan ilmu pengetahuan seperti kedokteran, arsitektur, kimia, fisika, ilmu hitung dan ilmu bahasa belum tentu berkaitan dengan pembentukan aqidah, gaya hidup, pola pikir, perilaku dan kepribadian. Namun ilmu pengetahuan memacu peradaban dan kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu, belajar ilmu pengetahuan di atas sangat dianjurkan di dalam ajaran Islam, asal tidak bertolak-belakang dengan nilai dan ruh aqidah Islam.


Ilmu Pengetahuan
1.       Penemuan
2.       Dalam bentuk materi
3.       Tidak mempengaruhi sikap dan kepribadian
4.       Ruang lingkupnya universal
5.       Pelakunya disebut scientist.
Tsaqofah
1.         Penggalian atau penghayatan
2.         Dalam bentuk suluk
3.         Mempengaruhi sikap dan kepribadian
4.         Ruang lingkup regional
5.         Pelakunya disebut cendikiawan / filosof.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar